3 Dec 2014

Lima Desain Livery MotoGP nan Unik

Lima Desain Livery MotoGP nan Unik


Yamaha MotoGP rider Valentino Rossi of Italy steers his bike during the Dutch Grand Prix in Assen June 28, 2014. REUTERS/Michael Kooren (NETHERLANDS - Tags: SPORT MOTORSPORT)
Yamaha MotoGP rider Valentino Rossi of Italy steers his bike during the Dutch Grand Prix in Assen June 28, 2014. …
Penulis : Cikal Renjana

Tak seperti grafis helm dan logo personal, pembalap MotoGP tidak bisa seenaknya mengubah grafislivery pada motor. Sebab perubahan itu bisa berimbas pada lambang sponsor yang mendanai tim dan urusan periklanan lain. Untuk itu, biasanya tim akan merilis livery khusus pada momentum tertentu. Seperti peringatan atau kebutuhan mengampanyekan produk tertentu. 

Seringnya livery spesial akan keluar saat tes pra-musim, sewaktu kontrak sponsor masih di tahap negoisasi atau bahkan belum ada sponsor. Berikut lima desain livery yang unik berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia. 

1.    Fiat Yamaha Team - Assen 2007
Fiat yang menjadi sponsor tim kala itu mengeluarkan produk barunya, Fiat 500. Mereka pun melakukan promosi di atas motor pembalapnya, Valentino Rossi dan Colin Edwards, dengan memasang livery khusus. Livery nyentrik itu bergaya warna-warni dengan karakter khas 70-an. 

Kebetulan, kedua pembalap ini terkenal konyol dan nyentrik pula. Itu pun mereka buktikan bersamaan dengan livery khusus ini. Oleh Rossi, desain helm dibuat serupa dengan liverytunggangannya. Bahkan menyematkan gambar Elvis Presley, the King of Rock and Roll, pada helmnya. Sementara Edward memilih memakai wig dan bergaya Elvis di garis start, lengkap dengan kacamata hitam aviator. 

2.    Rizla Suzuki – Misano 2011 
Desain ini bernama Rizla Micron, Karena mempromosikan produk sponsornya yang bernama sama. Rizla Micron adalah produk kertas rokok premium dari Rizla sang sponsor tim. Walapun hanya mengandalkan satu pembalap tunggal, motor biru muda itu bisa bersaing di jajaran pembalap papan tengah.

Motif menyilaukan mata ini dipakai Alvaro Bautista sewaktu berlaga di San Marino, Misano musim 2011. Senada dengan ihelm dan wearpack balap Bautista, yang berhasil finis di posisi delapan, juga berkelir silver mengkilap.


ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 18:  Andrea Dovizioso of Italy and Repsol Honda Team (with the new colour of bike) rounds the bend during the MotoGP race of MotoGP of Spain  at Motorland Aragon Circuit on September 18, 2011 in Alcaniz, Spain.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 18: Andrea Dovizioso of Italy and Repsol Honda Team (with the new colour of bike) rounds …

3.    Repsol Honda Aragon 2011

Livery bergambar bintang dengan bentuk seperti digambar tangan ini tersemat pada motor dan jaket pembalapnya, untuk memperingati 40 tahun kiprah Repsol di ajang balap dunia. Livery dengan dominasi warna kuning tua itu adalah karya desainer Davidelfin. 


Ini menjadi kado spesial untuk fans dalam menyambut kemenangan seratus kali tim Repsol Honda yang terwujud pada seri Aragon musim 2011. Kerja sama antara Repsol dengan Honda sendiri terjalin sejak 1995.


4.    Nicky Hayden 
Hayden pernah memakai livery menyerupai grafis Captain America pada musim MotoGP 2009, di Laguna Seca. Ini dilakukan dengan dua tujuan. Pertama, untuk Hayden merupakan tuan rumah Laguna Seca. Dan kedua, sebagai usaha Ducati untuk mendongkrak penjualan produk Amerika. Karena setelah balapan tergelar, Ducati langsung memasarkan motor tipe 889 dengan desain livery yang persis digunakan The Kentucky Kid.


5.    Marco Melandri
Pada 5 September 2004, Marco Melandri menggunakan livery Spiderman. Sayang, ia tergelincir dan mengalami tabrakan. Dua tahun sebelumnya, ketika masih di kelas 250cc dan berada dalam naungan tim MS Aprillia, Melandri juga mengenakan livery Spiderman sebagai bentuk promosi film yang berjudul sama. 

Konon hal itu bukan murni sensasi, tapi ada misi kemanusiaan dari aksinya. Sebab sejak 2002, ia berusaha mengumpulkan dana dengan menjual wear pack, boot, glove, helm, dan fairing motor di Internet, untuk disumbangkan ke Panshir Medical Centre di Anabah - Afganistan.

0 komentar:

Post a Comment

# Terima Kasih Kepada : # Aceblast Buletin # CAPTURE MULTIMEDIA # DIGITAL STUDIO BANDUNG # Sandi Solution # TARKA RDP # CREATIF HAND BANDUNG # KomdakMediaVision.blogspot.com #

Terima Kasih Sudah Mau Berkunjung Ke Blog Kami